Categories
Jalan-jalan

Jalan-jalan Singkat ke Coban Rondo

Entah kenapa, hari kamis itu (21/5) hari sepertinya bener-bener kosong tanpa kegiatan. Biasanya ada aja tugas yang harus dikerjain, revisian yang harus di kirim ke asisten, yang semua-muanya punya deadline yang mencekik. Tapi enggak buat hari itu.

Hari kamis berarti cuma ada 1 mata kuliah yang harus saya dan teman-teman jalanin. Berhubung waktu itu enggak ada dosen, jadinya cuma diberi tugas yang gak begitu berat. Kelar bikin tugas otomatis jadwal jadwal kosong melompong dong. Akhirnya daripada gabut gak ada kerjaan di kampus, kami milih buat jalan-jalan aja ke Coban Rondo di daerah Pujon, Kabupaten Malang.

Jadi, Coban itu artinya air terjun, dan Rondo artinya janda. Coban Rondo berarti Air Terjun Janda. Legendanya sih dulu ada pasangan yang habis menikah. Lalu pergi ke Gunung Anjasmoro untuk wisata, walaupun dilarang tetep aja pasangan itu bersikeras pergi kesana. Di tengah jalan mereka dihadang oleh seseorang yang menyebabkan sang suami tewas dan sang istri menjadi rondo atau janda. (sumber: ingatan yang gak terlalu kuat) Untuk lebih jelasnya bisa googling aja deh.

Categories
Jalan-jalan

Sebuah Desa Bernama Trunyan

Halo..

Saking kelamaan gue gak ngepost jadi bingung mau bilang apa lagi. Anyway, tanggal 18 kemarin gue melakukan trip lagi. Kalau sebelumnya gue ke pantai-pantai, tanggal 18 itu gue ke Desa Trunyan. Ada yang tau Desa Trunyan? Jadi buat yang gak tau, Desa Trunyan itu sebuah desa di daerah Kintamani, Bangli yang agak beda dari daerah-daerah lain di Bali.

Apabila salah seorang warga Terunyan meninggal secara wajar, mayatnya akan ditutupi kain putih, diupacarai, kemudian diletakkan tanpa dikubur di bawah pohon besar bernama Taru Menyan, di sebuah lokasi bernama Sema Wayah. Namun, apabila penyebab kematiannya tidak wajar, seperti karena kecelakaan, bunuh diri, atau dibunuh orang, mayatnya akan diletakan di lokasi yang bernama Sema Bantas. Sedangkan untuk mengubur bayi dan anak kecil, atau warga yang sudah dewasa tetapi belum menikah, akan diletakan di Sema Muda.(wikipedia)

Categories
Jalan-jalan

Balangan, Pandawa, dan Padang-padang

Setelah gue update postingan terakhir, dan setelah itu jarang update lagi, gue menemukan 1 komentar yang agak ‘nampar’ di postingan lama, yaitu di tips ngeblog untuk pemula. Ternyata dari mbah Zegaisme. Oke gue sempet murtad, tapi itu gak akan terjadi lagi! #wacana

Apa? gambarnya gak keliatan? Ya bagus deh.

blogger murtadBtw, hari sabtu kemarin gue abis jalan-jalan, atau istilah kerennya touring bareng Agung dan temen kita lagi satu Galih. Deket sih sebenernya, cuma 30an KM dari rumah gue, tapi biar keren aja di bilang touring. Tujuan kita adalah PANTAI, mantap kan, padahal seharusnya biasa aja, karena gue tinggal di Bali yang notabene banyak pantainya. Tapi gue emang jarang jalan-jalan. Biasanya disaat jadwal penuh, banyak tawaran pergi, gilirannya lowong, gak ada yang bisa diajak, malah gak ada yang ngajak. Mungkin lagi pas aja ada tawaran dari Galih sama Agung buat pergi, berhubung lagi bulan puasa dan sedang liburan panjang, gue okein.