Categories
Tulisan Bebas

Semester Dua Pun Selesai!

Halo haloo!

Jumpa lagi dengan saya. Sebelumnya Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H! Selamat lebaran, bagi yang mudik semoga sampai tujuan dengan lancar dan kembalinya juga lancar. *telat*

Engga papa deh..

Yah, seperti yang kita tahu, saat ini saya sedang menjalani liburan setelah sekian lama berjuang di semester dua kemarin. Semester dua ini bener-bener berbeda dan jauh lebih berat dengan semester pertama saya kuliah di PWK. Udah pernah saya jelasin di postingan ini, dimana saya tulis bahwa semester kedua saya akan menghadapi Studio Permukiman Kota atau dulunya dikenal dengan Analisis Perencanaan Permukiman Kota yang dari kata senior studio ini adalah yang paling menguras tenaga, waktu, dan juga biaya. Dan itu benar adanya. Kalo dulu di semester pertama menyurvei 1 RW doang dan cuma satu kali presentasi, semester dua kami survei satu kelurahan dan ada 4 kali presentasi! Wauw, peningkatan level yang drastis banget bukan?

Jadi pertama-tama ada presentasi Laporan Hasil Survei, yaitu presentasi apa saja yang kami survei di kelurahan tersebut, kemudian selang beberapa minggu lanjut ke presentasi Fakta dan Analisa, menganalisa hasil survei kami dengan hitung-hitungan yang lumayan rumit. Baru deh presentasi Rencana berdasarkan dari hitung-hitungan di Fakta dan Analisa, dan terakhir adalah presentasi di kantor kelurahan yang bersangkutan.

Keliatan simpel? Enggak…

Semua diawali dengan pemilihan struktur koordinator studio. Ada ketua, wakil, dst. Kemudian lanjut pemilihan kelurahan yang akan di survei. Setelah melalui perdebatan (ga debat sih, cuma nunggu acc) panjang dengan angkatan dan dosen, akhirnya dipilihlah Kelurahan Bakalankrajan dan Pisang Candi yang terletak di Kota Malang sebelah barat. Sehabis itu ditentukan sektor-sektor dan timnya. Ada 6 sektor; perumahan, sarana, jalan, drainase, air bersih, dan Sanitasi dan sampah. Sementara timnya ada Tata Guna Lahan, Kependudukan, lapotan, dan peta. Semua tim dan sektor penting, hanya saja dari kesemuanya itu sektor perumahan,sarana dan jalan mempunyai pengaruh yang sedikit lebih besar dibanding yang lainnya. Kebetulan saya masuk sektor jalan dan tim peta seperti semester lalu, jadi yaahh keberadaan sektor saya berpengaruh untuk sektor-sektor yang lain, hahaha.

Naah, yang bikin studio ini beda dari studio-studio yang lain adalah keberadaan peta 2 x A0 selain peta A3 yang biasa di bikin. Apa itu 2 x A0? Itu adalah peta A0 yang digabung menjadi satu menggunakan double tape (selotip dobel) dan isolasi kertas. Yang mana peta ini bakalan gede banget, ngeprintnya mahal, dan harus diwarnai secara manual pake tangan + spidol warna. Perlu diketahui, satu peta 2 x A0 dengan resolusi yang lumayan bisa berukuran 30 MB, jadi waktu bikin peta ini laptop saya sering ngadat gak karuan. Peta 2 x A0 ini nantinya digunakan pada presentasi dari LHS sampai dengan presentasi Kelurahan. Jadinya peta ini penting banget untuk kelangsungan nasib kami di semester dua.

Peta Perkerasan Jalan
Peta LHS A3
PETA RENCANA KUALITAS PERKERASAN JALAN
Peta Rencana A3
wpid-wp-1438107076961.jpg
Kenalan dengan peta 2 x A0

 

Hari-hari pun berlalu. Kata-kata revisi dari dosen pembimbing maupun asisten udah sangat akrab buat telinga kami. Siang hari kuliah, malamnya mengerjakan revisian entah itu laporan atau peta. Ditambah pula harus mewarnai peta 2 x A0. Kopi adalah sahabat kami dan tidur malam seakan-akan hanya mitos belaka. Sampai-sampai menjelang presentasi pun banyak yang gak tidur untuk menyelesaikan semua job desc kami masing-masing. Tidurnya kapan? Ya pas presentasi 😀 .

wpid-wp-1438106197831.jpg
Ngewarnain peta bareng-bareng di Gor Tombro

Enggak terasa presentasi dari LHS, FA, dan Rencana udah kami lewat  dengan semua jerih payah, keringat, dan biaya kami . Berarti tinggal satu lagi dong, yaitu presentasi kelurahan..

Inilah yang bikin deg-degan. Soalnya presentasi ini yang jadi tolak ukur apakah studio kami berhasil atau enggak.

Dimulai dari Kelurahan Pisang Candi pada hari sabtu tanggal 3 Juli. Presentasi berjalan lancar, warga kelurahan juga menyimak dengan seksama. Setelah selesai, temen-temen termasuk saya merasa satu rintangan sudah teratasi, tinggal satu. Tinggal satu lagi semua ini akan selesai, dan liburan menanti di depan mata.

Presentasi di Kelurahan Bakalankrajan pun berjalan lancar dengan warga yang sangat memperhatikan presentasi kami. Setelah foto-foto dan pengumuman pengumpulan final report (semua file-file laporan, peta, lengkap hardcopy-nya wajib di kumpulkan ke dosen pembimbing) diumumkan, kami merasa melayang. Semua usaha kami enggak sia-sia setelah satu semester berjuang, bekerja bersama-sama akhirnya semua selesai dengan cukup memuaskan.

wpid-wp-1438106075857.jpg
Presentasi di Pisang Candi
wpid-wp-1438127828475.jpg
Persiapan presentasi
wpid-wp-1438106134803.jpg
Engga lupa foto-foto bareng warga
wpid-wp-1438106119275.jpg
Tim Peta kelurahan Bakalankrajan
wpid-wp-1438106158813.jpg
Inilah sektor saya, sektor jalan Bakalankrajan

Engga pake lama, apalagi nginep d kantor kelurahan, kami semua berbenah dan bersiap pulang. “Akhirnya selesai, akhirnya pulang, akhirnya liburan”, begitu yang saya pikirkan di jalan pulang. Bener-bener lega rasanya.

Disinilah saya sekarang, di Denpasar, di rumah tercinta, sedang liburan (melakukan pekerjaan rumah tangga) sekeluarga. Ya sempat mudik juga waktu Lebaran kemarin ke Surabaya selama 4 hari. Tau gitu ngapain pulang ke Denpasar dulu ya kalo mudiknya ke Surabaya lagi hahaha 😀 .

Begitulah sedikit pengalaman semester dua saya di PWK yang begitu berat dan melelahkan. Tapi kalo dijalanin dengan semangat, rasa lelahnya pasti hilang, cuma beratnya aja yang masih kerasa.

Untuk temen-temen yang keterima di PWK tahun ini, dimanapun kampusnya. Saya cuma bisa bilang untuk menghilangkan sifat egois, mau menang sendiri, merasa bisa ngerjain tanpa bantuan temen-temen yang lain dan semua sifat menyendiri lainnya. Karena di PWK semua di kerjakan bareng, gak bisa sendiri-sendiri. Misal enggak percaya, coba saja waktu mencicipi studio, ngerjainnya sendirian. Kalo enggak koma, bisa mati suri :p .

Sekian dulu buat postingan saya, maaf kalo updatenye kelamaan.

Sampai jumpa!

10 replies on “Semester Dua Pun Selesai!”

Ini udah kayak KKN aja ya keliatannya.
Duh ngeliat ini jadi terkenang kuliah sudah delapan semester. Dan sekarang mau masuk semester 9 gara-gara skripsi belum kelar.

Saya pernah ke PWK terus ke Kampus Unsud kebetulan ada undangan dari mahasiswa sana, terus diajak muter-muter keliling PWK dan yg paling maknyus Sroto Jl. Bank haha #kenapajadikomenmakanan

waktu persentasinya gmn aja kak berat bgt gak? terus yg bicaranya perwakilan atau semua? aku tahun ini mau masuk pwk UB cuma kurang bagus buat speaking didepan kak :”D

ga berat banget sih, cuma harus tahan banting sama komen dari dosen. yang bicara sih 1 orang aja tiap sektor
ya belajar lah, semua calon planner harus punya skill presentasi 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *